Scheduled Suicide Day (Book Review)

Scheduled Suicide Day (Book Review)
Judul: Scheduled Suicide Day
Pengarang: Akiyoshi Rikako
Penerbit: Penerbit Haru
ISBN: 978-602-6383-19-8
Jumlah halaman: 280
Masih khas tulisan Akiyoshi Rikako yang penuh misteri dan sesekali menegangkan. Saat pertama membaca judul buku ini saya mengerutkan dahi. "Scheduled Suicide Day", Jadwal Bunuh Diri.

Well, mungkin untuk pembaca Indonesia hal ini hanya sekadar judul novel yang menarik. Namun menilik latar belakang sang penulis yang berkewarganegaraan Jepang, hal itu MUNGKIN bisa disalahartikan sebagai propaganda bunuh diri. Karena menurut beberapa sumber yang saya baca, Jepang adalah negara dengan tingkat bunuh diri yang cukup tinggi. Jadi, benarkah tidak apa-apa jika ini dibaca oleh masyarakat Jepang???...

Namun setelah membaca keseluruhan ceritanya, saya menghela napas panjang. Kesan yang ditimbulkan usai membaca buku ini adalah lega, senang, dan puas. Benar-benar membuat saya terkesan dan menyingkirkan jauh pikiran awal soal propaganda bunuh diri. BIG NOOOO!!! 🙅🙅🙅

Dalam novel ini Akiyoshi Rikako seolah mengkampanyekan pencegahan bunuh diri yang dikemas menarik. Bahkan penulis menyampaikan cara pendekatan pada orang-orang yang berniat untuk bunuh diri dan berkesan tidak menghakimi. Benar-benar sesuatu yang mengagumkan. Saya benar-benar puas dengan alur cerita pada buku ini. Karakter-karakternya dibuat sangat kuat sehingga mampu mengecoh pembaca soal penilaiannya terhadap suatu karakter.

  • Karakter Ruri terkesan menggambarkan potret remaja Jepang yang berambisi, memiliki rasa penasaran tinggi, serta takut kehilangan orang yang disayanginya.
  • Karakter Reiko yang penuh percaya diri dan optimisme tinggi membuat pembaca ikut merasakan spiritnya.
  • Hiroaki yang misterius dan peduli pada Ruri menjadikan karakter ini mudah disukai.

Kalau saya pribadi lebih menyukai karakter Reiko yang penuh pikiran positif dan optimisme. Yah... walaupun sedikit banyak karakter ini membuat pembaca terkecoh. Untuk runtut kejadian dalam ceritanya, saya tidak ingin spoiler agar teman-teman penasaran. Silakan baca buku ini sehingga kalian bisa merasakan sensasi puas dan kesan yang mendalam usai membaca buku ini.
Well done Penerbit Haru 👏👏👏

4.5/5 ★★★★☆

Comments

Popular posts from this blog

Psychopath Diary (Book Review)

Ne, Sajangnim! (Book Review)

Jurnal Risa - Teror Liburan Sekolah (Book Review)