Hujan Punya Cerita tentang Kita (Book Review)

Judul buku: Hujan Punya Cerita tentang Kita
Penulis: Yoana Dianika
Penerbit: Bukune
Cetakan: I. Januari 2020
Tebal: 294 hlm
ISBN: 978-602-220-349-0


Adakah di antara kalian yang suka hujan? Jika iya berarti kalian sama seperti tokoh utama dalam novel yang akan kuulas kali ini.

Rangga bertemu dengan Kie saat mereka berdua berada di kelompok KKN yg sama. Rangga tak ubahnya cowok atraktif dan disukai banyak cewek lantaran kepuitisannya menulis puisi di media sosial. Khususnya instagram. Sedangkan Kie adalah cewek pendiam, tertutup, dan minim ekspresi. Namun itulah daya tarik Kie yg dilihat Rangga. Pun juga Azar cowok genius yg menyadari betapa menariknya seorang Kie. Lalu di antara kisah mereka, masa lalu Krisan terkuak dan membuat perasaanku jadi campur aduk.

Pertama kali baca karya penulis, dan aku suka gaya berceritanya. Karakter-karakternya sangat kuat terutama pada Rangga dan Kie. Sifat Kie mengingatkanku pada seorang teman yg kebetulan berada di kelompok KKN yg sama denganku dulu. Aseli kaget. Gimana naifnya dan kepolosannya sangat mirip Kie. Baik itu dari penampilannya, dan kecantikan yang digambarkan penulis mengenai sosok Kie. Bisa kebetulan gitu 😄.

Secara keseluruhan aku suka kisah Rangga, Kie, Azar, dan Krisan ini. Bagaimana pedulinya Rangga terhadap orang terkasih di sekelilingnya, entah itu pacar maupun sahabatnya. Gimana Kie bertarung dengan pobianya. Gimana Azar berkorban perasaan terhadap wanita yg dicintainya. Dan betapa tangguh seorang Krisan setelah insiden yg dialaminya di masa lalu. Semua memiliki konflik yg membuat kita bersimpati pada mereka. Terutama pada sosok Krisan. Aku bisa maklum kenapa dia nekat untuk mempertahankan seseorang yg disukainya setelah tau gimana tragisnya masa lalu yg Krisan alami.

Plot twist yg dibuat penulis menjelang ending sangat membuat hati ambyar ðŸ˜Ē. Karena kisah orang tua dan anak, sekecil apapun pasti selalu membuat hatiku campur aduk. Keputusan Kie di saat-saat terakhir sedikit tak terduga. Seperti out of her character. Kaget dong tiba-tiba Kie nekat di hari sebelum Rangga pergi. Aku sih berharap ending yg lain 🙈😂. Karena karakter Azar di sini cukup mencuri perhatianku.

"Orang-orang yang tidak kepikiran masa lalu dan tidak terlalu mencemaskan masa depan adalah mereka yang hidup sepenuh hati." (hal.42)

Kisah yang manis. Yang bisa kau nikmati dengan secangkir teh panas pada suasana hujan.

Comments

Popular posts from this blog

Psychopath Diary (Book Review)

Ne, Sajangnim! (Book Review)

Jurnal Risa - Teror Liburan Sekolah (Book Review)